Unsur Unsur Iklan Radio Televisi Dan Internet

Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa dipakai jikalau ada jasa transmisi siaran.

Setiap media elektronik mempunyai karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.

A. Unsur-unsur iklan televisi
Media televisi merupakan media audiovisual sehingga estetika yang dituntut menyangkut indra telinga dan penglihatan. Iklan televisi mempunyai unsur tertentu.
  1. Suara. Suara dalam iklan televisi sanggup berupa bunyi manusia, bunyi hewan/ tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.
  2. Gambar. Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan atau sanggup berupa
  3. orang yang memakai produk tersebut.
  4. Gerak. Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
  5. Tulisan. Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.

B. Unsur-unsur iklan radio
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut sanggup berupa suara/kata-kata insan yang teratur, musik, dan efek bunyi (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek bunyi alam).

C. Unsur-unsur iklan internet
Iklan intrnet brupa pesan yang disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, membujuk biar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu permintaan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Unsur-unsur iklan internet antara lain

  1. Suara. Iklan di internet sanggup berupa video yang mempunyai unsur suara.
  2. Gambar. Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan, atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
  3. Tulisan. Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
  4. Gerak. Baik gambar maupun goresan pena dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet sanggup berupa video atau animasi.

Ciri-ciri bahasa iklan elektronik tolong-menolong tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu
  1. Komunikatif, taitu bisa menyampaikan  pesan dengan baik.
  2. Informatif, artinya bisa menunjukkan informasi produk yang ditawarkan
  3. Mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
  4. Menarik perhatian, dan
  5. Mengajak penonton untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.

Ayo Berlatih
Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.
Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik Unsur Unsur Iklan Radio Televisi dan Internet
1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Barang yang ditawarkan yaitu kain batik jumputan.

2. Informasi apa saja yang sanggup kau peroleh dari iklan tersebut?
Informasi yang diperoleh antara lain : Banyak pilihannya, indah warnanya, Ayo kita cintai batik Indonesia, dan Batik jumputan hasil budaya bangsa.

3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.
Unsur iklan yang terdapat pada iklan di atas adalah Gambar dan tulisan.

4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.
Singkat, padat, menarik, komunikatif, informatif, sederhana, dan gampang dipahami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melaporkan Pengamatan Sifat-Sifat Adonan Dan Komponen Penyusunnya

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik