Mind Map Aktivitas Ekonomi

Kegiatan ekonomi ialah suatu aktivitas seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melaksanakan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik berupa sandang, pangan, dan papan.

Dalam sebuah aktivitas ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapat uang untuk memenuhi kehidupannya sesudah ia melaksanakan aktivitas ekonomi lainnya, yaitu melaksanakan pekerjaan. Setiap insan tidak akan terlepas dari aktivitas ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara. Kegiatan utama yang dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas:

1. Produksi
Produksi yaitu aktivitas menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berarti membuat benda gres sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Tujuan dari aktivitas produksi secara umum ialah untuk memenuhi kebutuhan insan dalam rangka mencapai kemakmuran. Tujuan khusus aktivitas produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapat keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.

2. Distribusi
Distribusi ialah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan dari distribusi ialah memberikan barang atau jasa dari kawasan produsen ke kawasan pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi sanggup memperoleh upah ataupun laba dari aktivitas distribusi barang yang dilakukannya.

3. Konsumsi
Konsumsi ialah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan aktivitas konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan konsumsi juga mempunyai fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan.

Ketiga aktivitas ekonomi tersebut, sangat besar lengan berkuasa terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju aktivitas ekonomi dalam suatu negara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat.

Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat. Diperlukan kondisi ketahanan dan pemerintahan yang stabil biar aktivitas ekonomi yang berlangsung di suatu negara sanggup berjalan dengan baik. Pemerintahan yang stabil sanggup tercapai kalau masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

Ayo Mencoba
Buatlah mind map atau peta pikiran dari bahan yang telah kau pelajari tersebut.
Kegiatan ekonomi ialah suatu aktivitas seseorang Mind Map Kegiatan Ekonomi
Ayo Berdiskusi
Kesejahteraan masyarakat akan tercipta kalau aktivitas ekonomi berlangsung stabil dan lancar. Tingginya aktivitas ekonomi akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apa yang akan terjadi kalau aktivitas ekonomi tidak berjalan dengan baik? Bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat?
Untuk memenuhi kebutuhannya insan melaksanakan aktivitas ekonomi berupa aktivitas kegiatan pengolahan sumber daya alam, penyediaan jasa dan lain-lain. Setiap hari insan melaksanakan aktivitas untuk memperoleh pendapatan dan memperoleh barang dan jasa dari hasil pendapatannya. Jika aktivitas ekonomi tidak berjalan dengan baik maka pemenuhan kebutuhan insan akan terganggu. Dengan terganggunya pemenuhan kebutuhan maka kesejahteraan akan berkurang sehingga menjadikan banyak maalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melaporkan Pengamatan Sifat-Sifat Adonan Dan Komponen Penyusunnya

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik