Laporan Hasil Diskusi Membedakan Zat Tunggal Dan Campuran

Materi ialah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Berdasarkan komponen penyusunannya, bahan dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

Zat tunggal atau disebut zat murni ialah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal sanggup berupa unsur dan senyawa. Unsur ialah zat kimia yang tak sanggup dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Senyawa ialah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur.

Zat gabungan ialah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat gabungan terdiri atas zat gabungan sejenis dan zat gabungan heterogen. Zat Campuran Homogen ialah gabungan yang terdiri atas dua bahan atau zat yang sanggup menyatu secara merata.  Zat gabungan heterogen ialah gabungan yang terdiri atas dua zat atau bahan berbeda yang tidak sanggup menyatu secara sempurna.

Siti dan adik final membersihkan ruang keluarga. Ibu dan ayah pun final membersihkan halaman dan lingkungan rumah. Saatnya keluarga Siti beristirahat. Siti dan keluarganya beristirahat di ruang keluarga sambil menonton televisi.

Sebelum menyajikan minuman, ibu menanyakan minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik. Ternyata minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik berbeda-beda. Ayah ingin kopi panas, Siti ingin air putih dingin, dan adik ingin es teh. Berbeda lagi dengan minuman yang diinginkan ibu Siti. Beliau menginginkan teh panas.
Materi ialah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa Laporan Hasil Diskusi Membedakan Zat Tunggal dan Campuran
Air dalam gelas pada gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral. Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk. Oleh alasannya itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal.

Segelas es teh yang dibentuk Siti merupakan zat gabungan heterogen. Contoh gabungan heterogen ialah teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.

Segelas kopi yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan abu kopi. Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Dalam dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut tepat dengan air dan gula. Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut sanggup kau pahami bahwa air kopi termasuk zat gabungan heterogen.

Segelas teh elok yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan
gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah. Berdasarkan ciri teh elok tersebut sanggup kau pahami bahwa teh elok termasuk zat gabungan homogen.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui beberapa teladan zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari teladan lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat gabungan homogen, dan zat gabungan heterogen. Berikan alasan mengapa bahan tersebut termasuk zat tunggal, zat gabungan homogen, atau zat gabungan heterogen.
Laporan Hasil Diskusi
Anggota Kelompok :Wawan, Siti, Dayu, Iwan, Made, Budi
Hasil diskusi :
Materi:
  1. Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk. Oleh alasannya itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal. Alasan air terdiri dari hidrogen dan oksigen yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana. 
  2. Segelas es teh yang dibentuk Siti merupakan zat gabungan heterogen. Alasan es teh terdiri dari air, teh, dan es.
  3. Segelas kopi yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan abu kopi. Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut sanggup kau pahami bahwa air kopi termasuk zat gabungan heterogen. Alasan : kopi terdiri dari tiga materi, yaitu air, gula putih, dan abu kopi
  4. Segelas teh elok yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan gula putih. Berdasarkan ciri teh elok tersebut teh elok termasuk zat gabungan homogen. Alasan : Teh elok yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan gula putih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melaporkan Pengamatan Sifat-Sifat Adonan Dan Komponen Penyusunnya

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik